Menjaga Laut dan Lingkungan Pesisir Indonesia Tetap Lestari

Blogroll

Monday, November 10, 2014

On 11:28 PM by Unknown in
Manta birostris [Foto : BPSPL Denpasar]

DOWLOAD POSTERDOWNLOAD BUKUDOWNLOAD STIKER

Manta birostris atau dikenal dengan nama Oceanic Manta Ray berhasil diidentifikasi di TPI Tanjung Luar. Jenis manta yang telah dilindungi oleh pemerintah ini ditangkap nelayan dengan estimasi ukuran lebar 4.3 meter dan panjang 2,1 meter. Sebuah spesies manta yang telah dewasa yang seharusnya dapat menghasilkan pendapatan masyarakat apabila dibiarkan hidup lalu dimanfaatkan secara berkelanjutan melalui wisata Manta Watching.

Tidak serta merta menyalahkan nelayan yang melakukan penangkapan terhadap spesies yang telah dilindungi ini. Perlu upaya penyadaran kepada masyarakat melalui sosialisasi dan penyuluhan. Pemasangan papan himbauan, menempelkan pamflet atau leaflet. Cara tersebut terkesan cara yang kuno namun cara tersebut masih dipandang cara yang efektif untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Dokumentasi di atas diambil pada tanggal 30 Agustus 2014 dan dengan estimasi pengukuran dapat diketahui lebar dan panjang spesies.

Selama ini, seluruh bagian tubuh manta dimanfaatkan oleh nelayan terutama bagian insang yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Insang manta dikeringkan dan diekspor ke luar negeri baik ke Tiongkok, Hongkong adan Jepang. Dipercaya memiliki khasiat obat kanker atau khasiat lainnya dalam tradisi pengobatan tradisional Tiongkok.