Menjaga Laut dan Lingkungan Pesisir Indonesia Tetap Lestari

Blogroll

Friday, May 23, 2014

On 7:42 PM by Unknown in

Sarana perhubungan ke Pulau Ndana dari kota besar terdekat (Kupang) dapat ditempuh melalui kombinasi perjalanan laut, darat dan udara. Paling tidak ada tiga pilihan jalur perhubungan yang dapat digunakan dari Kota Kupang ke Pulau Ndana (1.10), yaitu:
1.     Dari Pelabuhan Tenau (Kupang) ke Pelabuhan Baa (Rote) ditempuh dengan menggunakan kapal cepat selama 2 jam. Tiba di Pelabuhan Baa kemudian dilanjutkan ke Kampung Oeseli dengan perjalanan darat selama 1 jam. Dari Kampung Oeseli, Pulau Ndana dapat dicapai dengan perahu nelayan setempat dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam.
2.     Dari Pelabuhan Bolok (Kupang) ke Palabuhan Baru (Rote) ditempuh dengan menggunakan kapal fery selama 4 jam. Tiba di Pelabuhan Baa perjalanan dilanjutkan seperti pilihan no. 1
3.     Pilihan ke tiga adalah dengan menggunakan pesawat carter dari Bandara El-Tari menuju Bandara Lekunik di Rote yang ditempuh dalam waktu 30 menit. Tiba di Bandara Lekunik dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Kampung Oeseli.


Selain melalui jalur Kampung Oeseli, titik terdekat yang dapat ditempuh adalah melalui Pantai Nembrala di sebelah barat Oeseli. Pantai tersebut merupakan kawasan wisata selancar yang sudah cukup maju dan sering didatangi oleh wisatawan mancanegara.

Foto : M Barmawi
Bersambung....