Menjaga Laut dan Lingkungan Pesisir Indonesia Tetap Lestari

Blogroll

Tuesday, September 2, 2014

On 10:00 PM by Unknown in
Manta alfredi
Pari Manta telah dilindungi secara penuh oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 04 Tahun 2014. Konsekuensi dari adanya perlindungan penuh ini adalah tidak diperbolehkannya pemanfaatan spesies ini kecuali untuk penelitian dan pengembangan. Spesies ini dilindungi selain karena sudah langka juga lebih bernilai ketika hidup dibandingkan ketika sudah mati.

Banyak masyarakat khususnya nelayan masih bingung dalam membedakan mana jenis yang dilindungi dan mana yang tidak. Pari manta masuk dalam suku/subfamili mobulidae dimana dalam subfamili ini dibagi menjadi 2 genus yaitu Manta dan Mobula. Kedua spesies dalam subfamili ini memiliki ciri fisik yang hampir mirip. Sehingga memerlukan identifikasi yang lebih teliti untuk menentukan apakah spesies tersebut adalah manta atau mobula.

Klasifikasi Subfamili Mobulidae di Indo Pasifik

Perbedaan yang dapat diamati untuk membedakan manta dan mobula adalah dari bentuk mulutnya. Bentuk mulut pada manta adalah Terminal Mouth sedangkan pada mobula adalah Ventral Mouth. Juga pada bagian bawah dari tubuh manta terdapat bintik atau titik warna hitam sedangkan pada mobula tidak ada.
Kunci Identifikasi Mobulidae (Manta Trust)
Manta yang dilindungi secara penuh oleh pemerintah adalah Manta alfredi dan Manta Birostris, sedangkan spesies dari genus mobula daan belum/tidak dilindungi terdiri dari 5 spesies yaitu : 1. Mobula tarapacana; 2. Mobula japanica; 3. Mobula thurstoni; 4. Mobula kuhlii dan 5. Mobula eregoodootenkee. 
Status IUCN Mobulidae
Dan yang pasti bahwa spesies tersebut memiliki ekonomis penting di masyarakat nelayan dan sampai saat ini masih ditangkap dan dimanfaatkan. Sehingga perlu adanya sosialisasi yang lebih intensif baik melalui media cetak, online, baliho atau media yang lain. Agar kelestarian spesies manta yang sudah dilindungi dapat terjaga. Sedangkan masyarakat dapat memanfaatkan spesies yang memang belum dilindungi secara bijak.

Baca Juga :
Manta birostris
Manta alfredi
Mobula tarapacana
Mobula japanica
Mobula thurstoni
Mobula kuhlii
Mobula eregoodootenkee.
Download Kunci Identifikasi Spesies Mobulidae (Manta dan Mobula)